4 Fungsi Kalsium Dalam Tubuh, Bukan Hanya Untuk Tulang dan Gigi

Daftar isi konten

Fungsi kalsium Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun, secara garis besar mineral ini  juga membantu proses fungsi alamiah di dalam tubuh. Selain itu juga kecukupan kalsium pada masa pertumbuhan akan membuat Anda terhindar dari penyakit pengeroposan tulang atau jantung pada masa dewasa.

Berbagai Fungsi Kalsium Dalam Tubuh

Fungsi kalsium di dalam tubuh tidak hanya membawa dampak pada saat masa pertumbuhan. Namun, juga memiliki efek jangka panjang bahkan pada saat Anda menua nanti.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium merupakan mineral utama yang membangun tulang dan gigi oleh karenanya asupan yang cukup akan membantu Anda mendapatkan tulang dan gigi yang kuat pada masa pertumbuhan. Selanjutnya,  keduanya dapat berfungsi dengan baik pada saat dewasa nanti.

Mineral ini ini membantu untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga menjadi kuat dan tidak mudah rapuh. Oleh karenanya jika asupan kalsium cukup, maka risiko untuk mengalami pengeroposan tulang atau patah tulang dapat dihindari.

Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup pada masa pertumbuhan akan membantu anak-anak mendapatkan proses pertumbuhan tulang yang cukup serta kepadatan yang tinggi. Dengan demikian, asupan kalsium tersebut dapat membuat tinggi badan anak menjadi lebih optimal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalsium juga memiliki peranan sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Cara kerjanya adalah untuk mengontrol kerja otot jantung sehingga membuat detaknya lebih teratur. Selain itu pula mampu mengendalikan kontraksi bilik jantung agar dapat memompa darah secara efisien keseluruh tubuh.

Kandungan kalsium yang cukup juga dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya adalah dengan merelaksasikan otot polos yang berada pada pembuluh darah sehingga cairan darah dapat mengalir melalui pembuluh darah yang  rileks.

Berperan dalam Proses Pembekuan Darah

Kalsium merupakan salah satu mineral yang memiliki peranan penting dalam proses pembekuan darah. Dibantu dengan vitamin K dan protein fibrinogen, kalsium dapat bekerja sama dengan menutup luka. Sehingga, dengan peristiwa pembekuan darah tersebut pemulihan luka menjadi lebih cepat.

Membantu Perkembangan Janin

Ibu hamil sangat memerlukan kalsium, sebab dapat mendukung perkembangan tulang dan gigi janin yang sedang berkembang di dalam kandungannya. Jika jumlah kalsium kurang maka tubuh akan mengambilnya dari cadangan kalsium ibu yang ada dalam tulang dan gigi. Sehingga ibu hamil rentan terhadap kerapuhan tulang dan gigi.

Kalsium juga memliki peranan yang amat penting dalam proses embentukan jantung saraf dan otot bayi serta membuatnya mencapai pertumbuhan maksimal pada masa-masa perkembangan dalam kandungan ibu.

Banyaknya fungsi kalsium yang yang sangat bermanfaat bagi tubuh membuat Anda tidak mungkin mengabaikan asupan gizinya. Oleh karena itu selalu konsumsi sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi sehingga pada masa dewasa akan terhindar dari osteoporosis beserta penyakit jantung.