4 Rekomendasi Snack untuk Bayi di Atas 6 Bulan

Masa pertumbuhan bayi membutuhkan banyak nutrisi dan makanan bergizi. Selain bubur MPASI, cemilan bayi juga bisa menjadi sumber makanan. Anda dapat memberikan berbagai snack bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan biskuit di antara waktu makan. Berikut ini rekomendasi yang bisa Anda berikan ke si buah hati.

1. Alpukat

Buah ini kaya akan asam lemak omega 3 yang meningkatkan perkembangan otak pada bayi. Alpukat sering menjadi snack pertama bagi bayi karena bisa dikonsumsi meskipun mereka belum memiliki gigi. Tekstur makanan padat untuk bayi harus dicincang halus atau kasar, digiling halus, dan bisa dipegang oleh anak (finger food).

Faktanya, bayi berusia enam bulan pasti masih sangat berantakan saat memegang makanan. Alpukat bisa Anda potong terlebih dahulu atau langsung disuapkan ke bayi. Teksturnya tidak akan menyulitkan mereka mengunyah maupun menelan.

2. Apel Kukus

Apel dapat digunakan sebagai makanan cemilan yang lezat untuk merangsang indera perasa bayi Anda. Aroma apel yang manis dan rasa yang menarik membuat bayi tertarik memakannya. Untuk manfaatnya sendiri, Anda tidak perlu ragu.

Apel mengandung flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan yang melawan racun dan radikal bebas. Mengkonsumsi kandungan ini dapat meningkatkan sistem imun dan metabolisme tubuh bayi. Apel juga mengandung polifenol yang dapat mencegah kerusakan makanan pada perut bayi.

3. Wortel

Wortel yang diparut, ditumbuk, atau dihaluskan juga merupakan pilihan camilan yang baik untuk bayi berusia 6 bulan. Saat bayi Anda berusia sekitar 10 bulan, Anda bisa memberikan wortel cincang sebagai cemilan. Manfaat wortel untuk tumbuh kembang bayi Anda juga sudah tidak diragukan lagi.

Wortel mengandung beta karoten, yang membantu menjaga kesehatan retina mata dan melatih penglihatan lebih baik. Selain itu, wortel bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Konsumsi wortel secara rutin juga meningkatkan jumlah sel darah untuk kekebalan imun bayi.

4. Sereal

Sereal juga bisa dijadikan snack untuk bayi mulai usia 6 bulan. Anda dapat memberikan sereal di antara sarapan dan makan siang sebagai makanan tambahan. Sereal sangat mudah disajikan kapanpun dan dimanapun. Campur sereal dengan susu formula dan berikan kepada bayi Anda sebagai cemilan.

Pilihlah sereal dengan kadar gula rendah untuk menjaga perut dan pencernaan anak Anda tetap aman. Sereal juga bisa disajikan kering, jadi tidak perlu susu tambahan. Biarkan anak Anda memegang sereal dan memasukkannya ke dalam mulutnya sendiri. Coba berikan sereal anak yang mengandung karbohidrat kompleks, vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan  tubuh bayi.

Memberikan sereal yang tepat merupakan cara orang tua menyajikan snack terbaik bagi bayi. Nestle sereal adalah pilihan yang baik bagi bayi Anda. Rasanya disukai bayi, teksturnya lembut bagi mulut, serta mudah ditemukan di toko sekitar Anda.