Ciri Kondensor AC Mobil KIA

Ciri Kondensor AC Mobil korea KIA Rusak

Ciri kondensor AC mobil korea KIA rusak yang paling terlihat adalah suhu AC menjadi tidak dingin seperti sebelumnya. Kondensor memiliki fungsi guna mendinginkan freon sehingga bisa mendingin kan udara yang nantinya dapat dihembuskan pada kabin mobil korea .

3 Ciri Kondensor AC Mobil korea KIA Rusak Dan Cara Mengeceknya

  1. Ada Perbedaan antara Selang High dan Low

Ciri kondensor di dalam AC MOBIL KOREA  mengalami kerusakan yakni terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara selang high dan juga low. Hal ini dikarenakan kondensor tersumbat. Sehingga ketika menyalakan AC maka freon tertahan di area sebelum kondensor.

kondensor ac mobil korea

Selang tersebut adalah high sebagai penghubung antara kompresor dan komponen kondensor. Selain itu selang juga diletakkan niple yang berfungsi untuk mengecek tekanan pada selang high. Dengan demikian dapat diketahui karena akan terbaca angkanya jika tekanan cukup tinggi.

Sedangkan untuk selang yang setelahnya kondensor memiliki tekanan yang cukup rendah. Sebab apabila sudah sampai di selang low yang setelah evaporator maka tekanan freon menjadi kecil. Di bagian ini juga terdapat tambahan niple yang berguna untuk mengukur tekanan pada selang low.

Sehingga perbedaan tekanan selang high dan low akan terlihat cukup signifikan. Hal ini menjadi ciri kondensor AC mobil KIA rusak dan membuat kompresor AC nyala mati dalam waktu yang relatif cepat. Dengan demikian dapat diketahui adanya kerusakan yang terjadi pada komponen AC mobil KIA.

2. Tidak Terlihat Tanda Kebocoran di Selang AC

Tanda kerusakan yang terjadi pada kondensor AC  mobil KIA adalah tidak ditemukannya tanda adanya kebocoran selang. Dalam hal ini dapat dilakukan pengecekan dengan melihat sepanjang selang ataupun sambungan selang di kompresor. Sehingga bisa diketahui jika ada bekas kebocoran freon.

Bekas kebocoran dari freon ini dalam bentuk rembesan yang penuh dengan debu. Meskipun freon telah menguap namun masih meninggalkan bekas oli kompresor yang ikut keluar saat mengalami kebocoran.

Bekas oli dari kompresor sebagai tanda bukti bahwa selang tersebut ada kebocoran freon. Jika tetap tidak bisa mengetahui kebocoran bisa dengan menggunakan air sabun. Caranya menghidupkan AC dan melumasi seluruh bagian selang serta sirkulasi AC dengan air sabun.

Apabila ada kebocoran maka akan terlihat gelembung udara keluar dari spot yang bocor tadi. Namun jika memang komponen kondensor bocor maka tidak ada gelembung udara.

3. Terdapat Bekas Kebocoran Kondensor

Dalam beberapa tipe mobil, kondensor dapat dilihat dari celah grill bumper bagian depan. Sehingga dapat melihat kondisi kondensor dalam keadaan kering atau ada bekas rembesan freon. Jika terlihat ada bekas rembesan maka sudah dipastikan kondensor AC bocor.

Hal ini menjadi ciri ciri kondensor AC mobil KIA rusak yang harus segera diperbaiki. Namun untuk memastikan keakuratannya harus dengan melepas kondensor dan melakukan pengecekan atas kondisinya.

Caranya, komponen kondensor ini direndam pada air yang telah diberikan angin dengan tekanan. Fungsinya untuk mengetahui adanya kebocoran kondensor atau tidak. Apabila benar dipraktikkan, cara seperti ini memang cukup rumit.

Pemilik mobil korea  harus melepas sistem AC dan mengurasnya. Sehingga akan lebih amannya jika langsung dipercayakan pada tempat service khusus AC mobil KIA. Dari adanya beberapa ciri yang terlihat, kerusakan kondensor disebabkan oleh banyak hal di antaranya:

  • Usia kondensor KIA sudah tua
  • Kondensor KIA panas
  • Komponen kondensor KIA sudah berkarat
  • Komponen kondensor KIA tersumbat bahkan mengalami kebocoran.

Beberapa ciri kondensor AC mobil korea KIA rusak ini wajib diketahui oleh pemilik mobil. Jika tidak dapat mengatasinya sendiri lebih baik langsung membawanya ke tempat servis guna menghindari kerusakan di bagian lain apabila diganti ingat mobilkoreapart.com.