Fire Blanket for Welding – Bedanya Dengan Selimut Api Biasa

Peralatan keselamatan yang dirancang kusus untuk pekerjaan seperti welding haruslah dimiliki oleh setiap tukang las karena dihadapkan dengan aktivitas berbahaya.

Baik itu fire blanket biasa atau ditujukan khusus untuk welding, keduanya memang membantu dalam memastikan agar kita tidak terkena percikan api yang panas membara..

Namun secara desainnya, ada sedikit perbedaan yang dibuat oleh fire blanket factory tertentu agar pekerjaan pengelasan bisa lebih lancar tanpa hambatan.

Selimut Api untuk Welding

Fire blanket for welding cenderung lebih sering digunakan sebagai pengaman bagi tubuh mengingat pekerjaannya yang selalu bermain-main dengan api.

Selimut ini terdiri dari lapisan yang mengandung vermikulit yang diperluas, bahan pelindung yang fleksibel, dan bahan berserat tahan panas anorganik.

Lapisan ini jugalah yang akan menjaga integritas struktural selimut. Bahkan selimut api untuk welding ini memiliki kelas berbeda tergantung dari teknik pengelasan yang digunakan.

Misalnya, fire blanket untuk welding ini bisa saja terbuat dari berbagai macam bahan seperti silikat, kertas aluminium, poliuretan, grafit, tanah liat, dan lain sebagainya demi memutus reaksi kimia antara api dan kain.

Beberapa diantaranya juga bahkan dapat memiliki kapasitas yang lebih tinggi seperti halnya isolator termal atau listrik.

Intinya, fire blanket untuk pengelasan cenderung lebih kuat karena frekuensi penggunaannya yang jauh lebih sering.

Selimut Api Biasa

Jika selimut api untuk welding digunakan untuk mencegah api menyerang tubuh kita secara tak disengaja selama bekerja, lain lagi dengan selimut api standar yang digunakan di waktu-waktu tertentu saja.

Kebanyakan orang menggunakannya pada saat adrenalin mereka meningkat drastis, yakni ketika mereka dihadapkan dengan situasi kebakaran kecil (atau calon kebakaran).

Sebagian besar selimut api standar ini selalu digunakan sebagai bagian dari peralatan keselamatan rumahan di ruangan dapur.

Bahkan saking ampuhnya, ada beberapa varian fire blanket yang mampu menahan api hingga 900 derajat celcius.

Alhasil, selimut api menjadi salah satu peralatan terbaik untuk digunakan pada situasi genting dan darurat.

Kita bisa membelinya dengan beragam ukuran dimulai dari 1 hingga 1,8 meter. Ada pula jenis gulungan dengan panjang di atas 50 meter sebagai penggunaan kustomisasi.