Ini Dia 6 Manfaat Kesehatan Daun Kucai

Daun kucai acapkali dianggap sama dengan daun bawang biasa. Tanaman dengan nama latin Allium tuberosum ini memang masih berkerabat dengan daun bawang namun dengan sederet manfaat yang lebih kaya. Apa saja manfaat kesehatan daun kucai?

Kenali Beda Daun Kucai Dengan Daun Bawang Biasa

Tanaman yang berkerabat dengan jenis tanaman bawang bawangan ini memiliki ciri khas seperti ukuran yang lebih kecil dari daun bawang biasa. Biasanya daun kucai akan terlihat lebih dominan hijau dari pada daun bawang biasa yang terlihat sedikit memutih di pangkal.

Daun kucai malah terkadang terlihat mirip dengan daun bawang lokio. Namun demikian Anda akan menemukan warna hijau pada daun kucai akan lebih dominan dengan daun yang tipis, tetap berongga ditengah dan lebih runcing.

Aroma dan rasa dari daun kucai akan lebih kuat dari daun bawang biasa. Bahkan aromanya lebih terasa seperti bawang putih.  Ketika Anda olah pun daun kucai lebih mudah layu jadi sebaiknya Anda masukan dalam masakan tepat sebelum Anda angkat supaya tetap terlihat cantik dan segar.

manfaat kesehatan daun kucai 2

Kandungan Dalam Daun Kucai

Dibalik aroma dan rasa daun kucai yang kuat, memang tersimpan kandungan nutrisi yang lebih kaya dari kebanyakan daun bawang. Itu sebabnya dari segi pengobatan, daun kucai lebih sering dimanfaatkan ketimbang jenis daun bawang bawangan lain.

Daun kucai mengandung sejumlah unsur vitamin seperti riboflavin,tiamin, dan niacin. Kemudian terdapat unsur mineral seperti zat besi, zink, dan kalsium. Sejumlah unsur asam amino juga dapat Anda temukan dalam daun kucai seperti tryptophan,isoluecine, dan lysine. Dan unsur unsur senyawa anti oksidan seperti flavonoid, saponin, sulfur, quertecin,dan lain sebagainya.

Apa Saja Manfaat Kesehatan Daun Kucai?

Dengan sederet kandungan nutrisi dan senyawa anti oksidan dalam daun kucai, berikut ini merupakan sejumlah manfaat kesehatan daun kucai yang bisa Anda dapatkan.

Memperbaiki imunitas dan metabolisme

Daun kucai baik untuk membantu mengatasi radikal bebas, memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan kerja imunitas. Sejak lama masyarakat tiongkok lebih menggemari daun kucai karena dianggap baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah efek kelelahan.

Menjaga kesehatan pencernaan

Daun kucai memiliki unsur serat, anti radang, anti bakteri dan anti parasit. Juga memiliki unsur anti radikal bebas. Semuanya membantu memperbaiki fungsi pencernaan, menormalkan kembali kinerja sejumlah hormon pencernaan. Secara tradisional daun kucai biasa menjadi pilihan makanan untuk mereka yang tengah diare atau radang usus.

Baik untuk menormalkan tekanan darah

Manfaat kesehatan daun kucai yang lain adalah kemampuannya dalam membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah. Menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengandung unsur kalium yang baik untuk menjaga elektrolit tubuh. Ini adalah peran penting yang akan membantu menjaga tekanan darah tetap normal.

Membantu mengatasi Asam urat

Bila Anda memiliki masalah asam urat, daun kucai bisa menjadi pilihan menu untuk Anda. Daun kucai yang mengandung unsur anti inflamasi baik untuk mengatasi peradangan sendi yang Anda alami. Juga baik untuk membantu mengatasi kelebihan asam urat dengan cara menghambat aktivitas xanthine oxidase.

Baik untuk hati dan ginjal

Unsur nutrisi dan anti oksidan dalam daun kucai juga baik untuk menjaga kinerja hati serta ginjal. Elemen sulfur dalam daun kucai terbukti baik sebagai anti bakteri dan mendorong proses ameliorative atau mendorong perbaikan sel pada ginjal dan hati.

Baik untuk fungsi saraf

Sejumlah pakar melihat adanya potensi manfaat kesehatan daun kucai untuk merawat fungsi saraf. Vitamin B kompleks akan membantu saraf bekerja lebih efektif. Kandungan flavonoid dan sejumlah unsur senyawa lain akan bekera merawat dan menjaga regenerasi sel saraf untuk tetap prima.

 

Itulah sejumlah manfaat kesehatan daun kucai yang bisa Anda dapatkan. Daun kucai ini memang biasanya dijual dengan harga lebih mahal dari kebanyakan daun bawang. Tetapi memiliki sejumlah khasiat yang lebih kaya dari kebanyakan daun bawang. Untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar herbal, Anda bisa cek deherba.com.