Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Memperhatikan menu sarapan pagi adalah hal yang penting karena berkaitan dengan kesehatan anak. Ya, bisa dikatakan bahwa menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi akan memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehingga nantinya anak bisa tumbuh dengan lebih baik dan optimal serta tidak mudah sakit.

Sebagaimana diketahui bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Anak akan senantiasa bergerak untuk melakukan eksplorasi. Nah, aktivitas ini, tanpa ditunjang nutrisi yang tepat, tentu akan menjadi boomerang karena anak akan kecapekan dan mudah sakit, terlebih sarapan adalah sumber energi pertama mereka.

Lantas, apa saja menu sarapan pagi yang disarankan untuk menjaga kesehatan anak? Simak ulasannya!

Rekomendasi Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Ada cukup banyak menu sarapan pagi yang disarankan untuk dihidangkan demi memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Adapun beberapa menu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Salad buah dan sayur

Menu sarapan sehat yang bisa dihidangkan untuk anak yang pertama adalah salad buah dan sayur. Paduan antar sayur dan buah akan menjadi sumber nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk anak. Tidak hanya itu, menu ini pun bisa menjadi cara untuk membiasakan anak mengonsumsi buah dan sayur.

Untuk membuat menu ini, Anda bisa mencampurkan beberapa sayur dan buah sekaligus. Selain itu, berikan tambahan parutan keju untuk perasa.

  • Cereal dan susu

Ketika Anda tidak memiliki waktu menyiapkan sarapan, maka paduan cereal dan susu juga bisa menjadi opsi menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi yang tepat. Ya, cereal adalah sumber karbohidrat alternatif yang juga kaya akan nutrisi lainnya.

Cereal dengan beragam kandungan terbaik dan dipadukan dengan susu tentu akan menghasilkan makanan yang menyehatkan. Anda bisa memiliki cereal dengan rasa yang disukai anak Anda.

  • Sosis dan kentang goreng

Menu sarapan lain yang menyehatkan dan mudah dibuat adalah sosis dan kentang goreng. Paduan makanan ini akan menjadi sumber karbohidrat dan juga protein yang tinggi untuk anak. Tambahkan selada untuk campuran sayur agar menu sarapan ini lebih bergizi.

Beberapa opsi di atas bisa menjadi menu sarapan yang tepat untuk anak. Tentu, Anda bisa melakukan kombinasi agar anak nantinya tidak bosan.

Cara Agar Anak Terbiasa Sarapan

Cukup banyak kasus yang muncul jika anak enggan untuk sarapan. Padahal, sarapan adalah hal yang penting demi kecukupan nutrisi anak yang optimal.

Nah, selain memilih menu yang tepat untuk sarapan, mengatur jam sarapan adalah cara agar anak terbiasa untuk sarapan. Ini adalah hal yang penting karena dengan jam yang disesuaikan, nantinya ia lebih mudah membiasakan diri untuk sarapan.

Selain itu, ajak anak untuk sarapan bersama. Artinya, selain menyiapkan menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi tersebut, ada baiknya jika Anda juga menemani anak sarapan.