Prospektif dan Mudahnya Usaha Ternak Ikan Lele

Daftar isi konten

Usaha ternak ikan lele akhr-akhir ini menjadi bahan perbincangan di kalangan pelaku usaha kecil karena prospeknya yang sangat cerah. Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap ikan jenis air tawar ini, cara budidayanya juga relative mudah dan masa panennya yang relative pendek. Dengan sedikit ketekunan dan keseriusan, bukan mustahil usaha ini akan memberikan anda keuntungan berlipat.

Selain itu ternak lele juga merupakan kegiatan yang bisa dilakukan berdasarkan hobi dan kegemaran kita. Jika anda memiliki halaman rumah yang kurang termanfaatkan, anda bisa menyulapnya menjadi sebuah kolam ikan. Anda juga bisa merancang kolam yang nyaman untuk bersantai sekaligus mampu memberikan penghasilan rutin untuk keluarga.

Kenali Teknik Usaha Ternak Ikan Lele

Meskipun relative mudah, namun budidaya ikanlele perlu dilakukan dengan persiapan yang baik dan pengelolaan yang terjadwal.

usaha ternak ikan lele

Nah, mengutip dari laman www.pondokikan.com, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam pemeliharaan ikan lele.

1.Permukaan kolam ikan lele sebaiknya tidak tertutup karena cahaya matahari diperlukukan agar kolam mampu memproduksi sendiri oksen dan makanan alaminya. Makanan lele ini bisa diperoleh dari lumut, ganggang, ataupun berbagai tanaman kolam. Meskipun demikian, anda juga perlu melakukan pemberian makan dalam waktu tertentu untuk mempercepat pembesaran ikan.

2.Lele termasuk jenis ikan yang menyukai air kolam yang tenang dan agak keruh meskipun dengan sedikit kandungan oksigennya. Kemampuan daya tahan ikan ini membuat proses budidaya lele menjadi lebih mudah dan tak terlalu menuntut perhatian yang berlebihan.

3.Ikan Lele umumnya hidup dalam air dan lingkungan dari suhu 20 derajat hingga 28 derajat Celcius. Suhu normal ini umumnya ada dalam lingkungan tropis seperti di Negara kita sehingga cocok untuk dibudidayakan di daerah manapun.

4.Salah stau hal yang sepatutnya dihindarkan dalam kegiatan budidaya ikan lele adalah ancaman limbah dari pabrik dan lingkungan industry. Poin ini sebenarnya bukan mutlak untuk ikan lele, namun apapun jenis ikan air tawar yang dibudidayakan sebaiknya juga jauh dari ancaman limbah industry dan pabrik.

Itulah beberapa hal tentang teknik budidaya ikan lele yang semoga bisa memberikan tambahan wawasan yang bermanfaat. Jangan ragu untuk selalu berusaha menambah wawasan dengan bertanya pada peternak yang telah berpenglaman.